Siaran Pers

Kerja Bersama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan dan Dakwah

Dibaca: 1 Oleh 26 Okt 2018November 7th, 2020Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Gorontalo–Permasalahan Narkoba memang tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu pihak. Untuk melakukannya harus melibatkan beberapa stakeholder agar program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bisa berjalan secara sistematis, masif, dan terstruktur.

Hal inilah yang mendorong BNNP Gorontalo, khususnya bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Gorontalo membahas Kesepakatan Kerja Bersama pada Rapat Koordinasi dalam Rangka Pembahasan Rumusan Kesepakatan Kerja Bersama (KKB) bertempat di ruang Auditorium Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. (05/10)

Kerja Bersama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan dan Dakwah

Rapat yang melibatkan 20 peserta dari unsure BNNP Gorontalo, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Provinsi Gorontalo, MajelisUlama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo, dan Kwartir Daerah (KWARDA) Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo ini mengangkat tema “Optimalisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba melalui Diseminasi Informasi Berbasis Pendidikan dan Dakwah”.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Gorontalo, Abdul Muchars Daud, SE menjelaskan bahwa perlunya sinergi dengan beberapa stakeholder untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba karena jika hanya dibebankan kepada BNN ataupun aparat Kepolisian, program P4GN tidak akan berhasil.

“Oleh karenanya, kami mencoba menggali potensi yang ada pada stakeholder untuk kita sinergikan dan singkronkan agar menjadi kekuatan yang besar dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba”, ungkap Muchars.

Kegiatan yang juga merupakan Proyek Perubahan dari Abd. Muchars Daud ini menitik beratkan pada dua aspek pencegahan, yakni pendidikan dan dakwah.

“Dua aspek ini merupakan aspek dasar dari kehidupan masyarakat dan jika kita sukses mencegah penyalahgunaan narkoba menggunakan dua aspek ini, saya rasa banyak masyarakat yang terselamatkan dari bahaya penyalahgunaan Narkoba”, pungkas Muchars.

Kerja Bersama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan dan Dakwah

Dari segi pendidikan menurut Muchars, perlunya pemahaman bahaya narkoba dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi kita agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan Narkoba. Dari segi dakwah, bisa disisipkan materi-materi Narkoba di setiap kegiatan keagamaan ataupun khutbah dan ceramah keagamaan, karena menurut Muchars, dakwah inilah yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Oleh karenanya, kami berharap kepada masing-masing stakeholder untuk bekerja bersama untuk menanggulangi permasalahan Narkoba ini”, tambahnya. #stopnarkoba(Rey/BNNP_Gtlo)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel