Berita Kegiatan

PERINGATAN HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL (HANI) 2019 DI GEDUNG KESENIAN KETUT MARIA TABANAN

Dibaca: 1 Oleh 26 Jun 2019November 7th, 2020Tidak ada komentar
PERINGATAN HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL (HANI) 2019 DI GEDUNG KESENIAN KETUT MARIA TABANAN
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

PERINGATAN HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL (HANI) 2019 DI GEDUNG KESENIAN KETUT MARIA TABANANHari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial – ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia. Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 secara nasional serentak dan khususnya Di Bali berpusat di Gedung kesenian Maria,Tabanan pada Hari Rabu (26/06). Kegiatan ini adalah hasil Kolaborasi Antara BNN Provinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Perayaan HANI 2019 ini dihadiri oleh Wakapolda Bali,Kasdam Bali Staf Ahli Gubernur Bali, Wakil Bupati Tabanan selaku tuan rumah serta ,seluruh organisasi Perangkat Daerah Se- Provinsi Bali khususnya Kabupaten Tabanan yang selama ini aktif membantu Proses Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan peredaran narkotika (P4GN) di Bali.

Wakil Bupati Tabanan sekaligus Ketua BNK Tabanan I Komang Gede Sanjaya
menyampaikan bahwa data Polres Tabanan, jumlah kasus narkoba di Kabupaten Tabanan sejak 2017 adalah 18 kasus,2018,20 kasus ,2019 sampia bulan juni adalah 9 kasus dimana rentang usia adalah generasi milenial. Wakil bupati mengajak semua menyatukan tekad untuk memberantas narkoba dan bergandengan tangan menjaga generasi milenial tanpa narkoba.

Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa SH membacakan laporan panitia Kepala BNN RI menyampaikan bahwa HANI bukanlah ulang tahun BNN namun adalah bentuk keprihatinan dunia terhadap Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk pada kesehatan, perkembangan sosial ekonomi serta keamanan dan perdamaian dunia,dengan perayaan ini diharapkan menggema ke seluruh dunia. Dalam Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 Mengusung Tema Internasional “LISTEN FIRST – LISTENING TO CHILDREN AND YOUTH IS THE FIRST STEP TO HELP THEM GROW HEALTHY AND SAFE” Sedangkan Tema Nasional “MILENIAL SEHAT TANPA NARKOBA MENUJU INDONESIA EMAS”.

Saat ini penyalahgunaan narkoba didominasi oleh pekerja swasta dengan usia produktif. Jumlah penyalahguna barkoba di bali tahun 2018 sebanyak 31.178 orang pekerja dan 5318 orang pelajar atau mahasiswa. Profesi penyalahguna narkoba terbanyak yaitu pekerja swasta 56 persen dengan usia 21 -30 tahun tahun sebanyak 44 persen. HANI adalah momentum untuk mengingat HANI bukanlah ulang tahun BNN namun adalah bentuk keprihatinan dunia,dengan perayaan ini diharapkan menggema ke seluruh dunia. Berbagai strategi telah dilakukan BNN melalui kegiatan pencegahan ,pemberantasan, serta rehabilitasi, peran serta masyarakat dalam upaya P4GN telah Sesuai UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika diatur dalam bab XIII pasal 104 sampai pasal 109 mengenai peran serta masyarakat dalam penanganan tindak pidana narkotika. Langkah Strategis BNNP Bali dlaam upaya P4GN Tahun 2019 yaitu adanya penyusunan Pararem dan pembentukan Relawan Anti Narkoba di seluruh Desa se-Provinsi Bali ,Pembangunan Balai rehabilitasi narkoba milik pemerintah provinsi Bali , Implementasi kurikulum terintegrasi di lingkup SMP dan SMA, Meningkatkan peran seluruh OPD dan swasta dlama kampanye publik, deteksi dini melelui tes urine secara berkala kepada ASN,serta koordinasi dengan Polda dna pemerintah Daerah dalam pemenuhan Kebutuhan Personil dan Pengembangan Sarana dan Prasarana.

Dalam mewujudkan masyarakat Indonesia bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, diperlukan dukungan dan perhatian sepenuhnya dari semua lembaga pemerintah, baik kementerian maupun non kementerian, dan juga seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, melalui momentum puncak peringatan HANI 2019 diharapkan dapat memperkuat aksi dan kerja sama di semua tingkatan untuk membangun kesadaran nasional agar hidup sehat dan bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Bali.

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel