bnn

Tenaga kesehatan memiliki peran yang sangat vital dalam kegiatan pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) salah satunya dalam kegiatan rehabilitasi.

Kepala Badan Narkotika Nasional Menjadi Narasumber dalam Seminar Ilmiah dengan Tema Menuju Indonesia Bebas TB 2035 Dan Peran Tenaga Kesehatan Dalam Menghadapi Darurat Narkoba Dalam menyambut Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 yang sedianya jatuh pada tanggal 12 November 2017 akan datang. Kegiatan ini Berlangsung di Kantor Bupati Tabanan, Hari Kamis (09/11) pukul 09.30 wita dengan menghadirkan 100 orang tenaga kesehatan dari Rumah sakit dan Puskesmas seluruh Kabupaten Tabanan.

” Kalangan petugas kesehatan menjadi ujung tombak dalam upaya penyelamatan pengguna narkoba,melalui institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL)” ungkap Ka BNNP Bali

Selama ini Hambatan dari sisi Lembaga rehabilitasi yaitu Banyaknya lembaga penerima wajib lapor yang belum maksimal melaksanakan pelayanan rehabilitasi adiksi, masih terbatasnya lembaga rehab rawat inap, lembaga rehabilitasi komponen masyarakat belum paham tentang birokrasi dan administrasi , serta lembaga rehabilitasi komponen masyarakat sering ditumpangi kepentingan yang bersifat pribadi.

Selama ini beberapa langkah telah dilakukan BNNP Bali melalui kegiatan rehabilitasi yaitu memberikan penguatan lembaga rehabilitasi pemerintah, memberikan penguatan embaga rehabilitasi IPWL komponen masyarakat,mengembangkan layanan rehabilitasi yang berkelanjutan.

Peran tenaga kesehatan dalam P4GN yaitu memberikan sumbangan saran keilmuan bagi masyarakat,terkait dalam penanggulangan narkoba, memberikan pendidikan. Kesehatan tentang narkoba dan dampaknya bagi kesehatan kepada klien dan masyarakat, sebagai role model yang baik, pemantauan secara seksama perseroan obat obatan yang sifatnya membuat kecanduan serta memastikan. Dokter terlatih untuk menangani pasien. Dalam kesempatan ini juga disematkan pin kepada 5 orang yang terpilih sebagai relawan anti narkoba sebagai perpanjangan tangan BNN di lingkungan kerja mereka masing-masing.

“BNN dan tenaga kesehatan harus terus bersinergi, BNN tidak dapat bekerja sendiri namun perlu dukungan dan peran serta penuh dari tenaga kesehatan ” tutup Ka BNNP Bali.

BNN Provinsi Bali melalui Bidang P2M melaksanakan kegiatan pemberdayaan
BNNP Bali Tes Urine Pejabat Eselon 1,2,3 dan 4 Pemprov Bali