26112314_764013457116754_4666865750074488047_n

Pembentukan TAT ( Tim Assesmen Terpadu) merupakan amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 yang diatur lebih lanjut dalam Peraturan Bersama Ketua Mahkamah Agung, Menkumham, Menkes, Mensos, Jaksa Agung, Kapolri dan Kepala BNN tahun 2014 tentang Penanganan Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika ke Dalam Lembaga Rehabilitasi.Tim Asesmen Terpadu adalah tim yang terdiri dari Tim Dokter dan Tim Hukum yang ditetapkan oleh Pimpinan satuan kerja setempat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Narkotika Nasional dan Badan Narkotika Nasional Provinsi.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol I Putu Gede Suastawa, Kepala bidang Rehabilitasi BNNP Bali AKBP I Nyoman Artana serta Kepala BNNK Ginayar AKBP I Made Pastika dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Dengan Dinas Terkait Rencana Pembentukan Dan Pembagian Tugas Tim TAT pada Padi & Buffer Cafe, Pantai Saba Gianyar pada pukul 10.30 wita dengan dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari kejaksaan dan juga Rumah sakit Daerah Gianyar.

“Beberapa hal yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan TAT yaitu TAT kadang dijual orang luar, menghadapi jaringan yang berusaha menjatuhkan kredibilitas aparat serta mencari kelemahan dalam aspek hukum” ujar Ka BNNP Bali.

Tim Asessment Terpadu memiliki tugas untuk memilah dan mengklasifikasikan tersangka narkoba apakah mereka masuk kategori pengguna, pengedar atau bandar narkoba. pembentukan TAT didasarkan juga pada UU No 35/2009 tentang Narkotika, PP No 25/2011 tentang pelaksanaan wajib lapor pecandu narkotika, Perka BNN No 11/2014 tentang tata cara penanganan tersangka atau terdakwa narkotika serta sejumlah peraturan lainnya.

” Tim ini harus paham dan mengerti PERBER, dapat memberikan warna baru proses penegakan hukum mana pecandu murni yang direhabilitasi ataupun yang dihukum, tim dapat memberikan referensi bagi penyidik, jaksa,hakim, dan lapas serta tim harus dapat transparan dan independen” tutupnya.

BNNP Bali Tes Urine Pejabat Eselon 1,2,3 dan 4 Pemprov Bali
Peran Kaum Puri Di Bali Dalam Kegiatan P4GN