26001255_764027140448719_2906169506294610183_n

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa SH Mengukuhkan 75 orang relawan yang terdiri dari pecalang dan Siswa siswi SMA 1 Sukawati,Gianyar ,pada hari Kamis (21/12) pukul 09.00 wita bertempat di Stage Barong Banjar Denjalan,Batu Bulan,Gianyar dengan dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Gianyar yang mewakili Bupati, Pejabat di Lingkungan BNNP Bali,BNNK/kota serta seluruh undangan .

Perbekel Batu Bulan Dewa Gede Sumertha SH,MH mengapresiasi pengukuhan relawan di tiap desa, sebab semua wilayah desa sudah dimasuki oleh narkotika. Sehingga perlu tindakan semua anggota masyarakat, sehingga terintegrasi program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap (P4GN) khususnya di Batu Bulan.

“Bagaimana membangun wilayah apabila desa sudah dirusak penyebar narkotika,maka desa Sukawati sangat mendukung penuh adanya pengukuhan relawan di desa kami” ungkap Perbekel Batu Bulan dalam sambutannya.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Gianyar mewakili Bupati berharap pembentukan relawan anti narkoba dapat dilaksanakan di seluruh Desa Di Kabupaten Gianyar sehingga dapat menekan potensi penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Gianyar.

Berdasarkan survei nawas diri masyarakat kasus narkoba ditemukan data bahwa beberapa warga desa setempat menjadi warga binaan kasus narkoba. Desa Batubulan sejak dua tahun lalu memprioritaskan program penyuluhan narkoba. Selain dari pihak desa, kegiatan penyuluhan serupa juga dilakukan banjar-banjar secara swadaya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Dalam./ sambutannya menyampaikan bahwa peran pecalang sebagai petugas keamanan adat dapat melakukan pengawasan di daerah dan dapat menemukan pencandu narkoba di desanya, setelah itu pecalang wajib melakukan pendampingan dan pengawasan saat dia dilakukan rehabilitasi secara rutin.

“Pengukuhan relawan yang didominasi Peran pecalang dapat menekan dan mencegah peredaran narkoba di Batu Bulan khususnya. Kekuatan pecalang yang ada di Desa Pakraman ini dapat dirangkul dan dibina dalam upaya pencegahan peredaran narkoba ini, setelah dikukuhkan” ujarnya.

Berdasarkan Perda Provinsi Bali Nomor 3 tahun 2001 tentang Desa Pakraman dalam pasal 17 tentang pecalang menyebutkan bahwa keamanan dan ketertiban wilayah desa Pakraman dilaksanakan pecalang, pecalang melaksanakan tugas-tugas pengamanan wilayah desa Pakraman dalam hubungan tugas adat dan agama serta pecalang diangkat dan diberhentikan oleh desa Pakraman berdasarkan paruman desa. Tentu saja beberapa poin ini menegaskan bahwa peran pecalang di daerah sangatlah penting.

“Para relawan pecalang di Bali adalah Garda terdepan dalam menjadi pelopor dalam menyampaian informasi kepada masyarakat, deteksi dini penyalahgunaan narkoba, menjadi tokoh dan panutan serta menjadi orang pertama yang harus dilaporkan terkait dengan kegiatan P4GN di Desa.” tegas Ka BNNP Bali

BNN RI melakukan Sosialisasi Kebijakan Strategi Nasional
Kepala BNNP Bali Melantik Relawan Anti Narkoba Di Desa Pedawa Buleleng