• Advokasi melalui FGD tentang Implementasi Inpres No. 12 Tahun 2011 kepada Instansi Pemerintah (Dinas Pekerjaan Umum Kab. Gianyar)

    Dalam acara Advokasi ini, mengenai hal-hal yang telah disampaikan Bapak kepala BNNK Gianyar I Made Pastika SH.MH mengenai pelaksanaan Program P4GN mendapat dukungan penuh dari Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum Kab. Gianyar. Acara ini telah dilaksanakan pada Hari Selasa, 6 Mei 2014 Pukul :09.00 wita s/d selesai diKantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gianyar.

  • Advokasi melalui FGD tentang Implementasi Inpres No. 12 Tahun 2011 kepada Instansi Pemerintah di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar

    Sosialisasi P4GN yang dilaksanakan oleh BNNK Gianyarmendapat tanggapan positif dari para peserta dan instansi Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, kegiatan ini telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 8 Mei 2014 Pukul :09.00 wita s/d selesai di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar yang di hadiri oleh 20 orang pesereta

  • Wahana Desiminasi Informasi P4GN Melalui media Penyuluhan di lingkungan sekolah SMAN. I Tampaksiring Kecamatan Tampaksiring Kab. Gianya

    Pada Hari Sabtu, 17 Mei 2014 09.00 wita s/d di SMAN. I Tampaksiring Kecamatan Tampaksiring Kab. Gianyar, telah dilaksanakan Penyuluhan P4GN di Lingkungan Sekolah dengan Tema VISI dan MISI BNNK Gianyar dalam pelaksanaan P4GN yang di isi oleh Kasi Pencegahan ( I Gede Dirgantara, SH.MM) dan di isi oleh penyuluh BNNK Gianyar ( Kadek Susi Dwi Lestari, SKM). Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dibuktikan dengan adanya permintaan agar penyuluhan P4GN lebih sering di lakukan mengingat kondisi lingkungan sekolah semakin rawan oleh Narkoba.

  • Desiminasi Kegiatan Penyuluhan P4GN Bagi Masyarakat di STT Asti Dharma, Br Delodpangkung Desa Sukawati Kecamatan Sukawati

    Kegiatan ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya Narkotika yang semakin hari semakin marak terjadi baik di lingkungan masyarakat maupun dilingkungan sekolah. Yang di isi oleh Tim Penyuluh (Kristianto Hari Widodo, SH. MH) dan staf BNNK Gianyar. Kegiatan ini telah terlaksana dengan lancar pada Hari Minggu , 25 Mei 2014 Pukul :09.00 s/d 11.30 wita di STT Asti Dharma, Br Delodpangkung Desa Sukawati Kecamatan Sukawati. Mendapatkan tanggap positif dari masyarakat terhadap bahaya Narkoba yang semakin marak terjadi di lingkungan masyarakat merupakan masukan bagi para penyuluh untuk semakin gencar mensosialisasikan dampak dari bahaya Narkoba.

  • Pemberdayaan Masyarakat menciptakan Lingkungan Bebas Narkoba di PT. SINAR SOSRO KABUPATEN GIANYAR

    Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Hari Senin, 5 Mei 2014 Pukul : 10 .00 wita s/d selesai di PT. SINAR SOSRO KABUPATEN GIANYAR diikuti oleh 71 orang, Karyawan/karyawati PT. Sinar Sosro kabupaten Gianyar dengan hasil tidak ditemukan adanya Penyalahgunaan terhadap Narkoba (negatif), Tes urine berjalan dengan baik dan lancar.

  • Pagelaran Seni Budaya dalam Rangka Peringatan HANI 2014 di Pura Penataran Sasih Pejeng Gianyar.

    Bertepatan dengan peringatan HANI (Hari Anti Narkoba Internasional) yang jatuh pada tgl 26 Juni 2014, BNNP Bali beserta BNNK Gianyar melaksanakan kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan masyarakat serta sosialisasi dampak buruk penyalahgunaan narkotika melalui pegelaran seni budaya berupa pertunjukan Bondres. Acara ini di pusatkan di Pura Penataran Sasih Pejeng, Gianyar dan memdapat response yang sangat positif yang di tandai dengan besarnya animo masyarakat untuk menghadiri dan menyaksikan pertunjukan tersebut.

    Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar, AKBP I Made Pastika, kegiatan pagelaran seni ini adalah rangkaian kegiatan peringatan HANI di Bali khususnya, yang telah di dahului dengan Upacara Peringatan yang telah dilaksanakan pada siang harinya di Lapangan Upacara Lumintang Denpasar. Sebagai Inspektur upacara yaitu Bapak Wakil Gubernur Bali, Bapak I Ketut Sudikerta. Diharapkan setelah dilaksanakan sosialisasi dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika ini, masyarakat semakin sadar akan bahaya narkotika dan dapat secara signifikan membantu lingkungan dan pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika.

  • BNNK Gianyar Adakan Jalan Santai Sambut HANI 2015

    Dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Nasional tahun 2015, BNNK Gianyar mengadakan acara jalan santai di lapangan SMK Negeri 1 tegalalang. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara HANI 2015. Acara jalan santai ini bekerja sama dengan beberapa sponsor seperti honda, promag dan beberapa sponsor pendukung yang memberikan hadiah berupa produk untuk doorprize. Turut hadir dalam acara ini kapolsek tegalalang, muspika tegalalang, perbekel tegalalang juga turut hadir. Bapak kepala BNNK Gianyar I MAde Pastika,Sh,MH memberikan sambutan dan jalan santai ini dibuka oleh camat tegalalang.

  • Pagelaran Seni Budaya P4GN lingkungan Sekolah Oleh BNNK Gianyar

    Pageralan seni budaya bnnk gianyar

    BNNK Gianyar melaksanakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya P4GN diadakan di stage Sidan pada hari sabtu 6 juni 2015 pukul 09.00 dirangkaikan dengan pengambilan sumpah dan pelepasan siswa kelas XII SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar tahun pelajaran 2014 / 2015

  • Selasa,9 Juni 2015 BNNK Gianyar bekerja sama dengan YKI (Yayasan Kemanusiaan Indonesia) melaksanakan kegiatan sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan mata gratis yang bertempat di Br.Tebongkang Desa Singakerta, Kec. Ubud Kabupaten Gianyar adapun jumblah pasien yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 240 orang denga 5 orang yang mendapatkan pelayanan oprasi katarak, kegiatan ini dilaksanakan serangkaian dengan peringatan HANI 2015.

  • Lomba bondres BNNK Gianyar

  • BNN Kabupaten Gianyar Mengadakan Lomba Bondres Bertema Narkoba

    Screenshot_2015-06-16-09-17-43_1

    Minggu, 14 Juni BNNK Gianyar akhirnya berhasil menggelar Lomba Bondres (Lawak Tradisional Bali) yang bertema narkoba yang diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari sekolah menengah di Kabupaten Gianyar, kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) sudah berhasil menetapkan Juara I, II, III dengan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan, ketiga pemenang lomba bondres ini akan di angkat menjadi duta anti narkoba BNNK Gianyar, diharapkan penyebaran informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan media bondres terhadap masyarakat dapat menggugah hati masyarakat untuk turut bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini BNN dalam pencegahan peredaran gelap narkoba, kegiatan ini di buka dengan tarian penyambutan panjembrahma yang dibawakan oleh 4 orang staf BNNK Gianyar.(humas BNNK Gianyar)

  • KEGIATAN FGD DI LINGKUNGAN KODIM 1616 GIANYAR SEBAGAI BENTUK DAN PENCANANGAN REHABILITASI 100.000 PECANDU NARKOTIKA

    (Humas BNNK Gianyar) Gianyar, bali – Tahun 2015 dicanangkan sebagai Indonesia Dadrurat Narkotika,bahkan Pemerintah dalam hal ini Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mencanangkan Rehabilitasi untuk 100 ribu pecandu atau penyalahguna Narkotika.
    Berbagai upaya telah di lakukan pemerintah dalam mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Nakoba di lingkungan pekerja salah satunya yaitu BNNK mengadakan kegiatan test urine dalam rangka Fasilitasi Pemberdayaan Lingkungan Instansi Pemerintah Bebas Narkoba sebagai bentuk kerjasama yang baik antara jajaran TNI dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar.
    Kegiatan yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar adalah FGD dalam rangka Pemberdayaan Lingkungan Instansi Pemerintah Bebas Narkoba. Kegiatan ini dilaksanakan di Kodim 1616 Gianyar pada hari Rabu, 17 Juni 2015 pukul 08.00 wita.Jumlah Peserta 20 orang dari anggota Kodim 1616 Gianyar.
    Kegiatan Focus Group Discution ini diikuti oleh anggota Kodim 1616 Gianyar,sebagai Narasumber yaitu Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar (I Made Pastika,SH.MH),dari Dandim 1616 Gianyar (Letnan Kolonel Kav Berto S.P. Capah,S.Sos) dan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar ( I Gede Dirgantara,SH.MM).Kegiatan FGD ini dibuka oleh Dandim 1616 Gianyar Letnan Kolonel Kav Berto S.P. Capah,S.Sos dan arahan dari Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar I Made Pastika,SH.MH kemudian penyampaian materi tentang Permasalahan Narkoba Secara umum di dunia Internasional oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar I Gede Dirgantara,SH.MM, selanjutnya dari Dandim 1616 Gianyar Letnan Kolonel Kav Berto S.P. Capah,S.Sos yang menyampaikan materi tentang Proteksi jajaran TNI terhadap penyalahgunaan Narkotika dan terakhir dari Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar menyampaikan materi tentang tentang Jakstranas P4GN serta Penyampaian program Pemerintah Tahun 2015 untuk Merehabilitasi 100.000 orang Pecandu Narkotika ,selama kegiatan diskusi berlangsung peserta tampak aktif memberikan tanggapan dan memberikan kritik dan saran untuk Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar.Adapun jadwal FGD dalam rangka Pemberdayaan Lingkungan Instansi Pemerintah Bebas Narkoba
    Oleh: Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Gianyar

  • SATU ORANG POSITIF PENYALAHGUNA NARKOBA DALAM SIDAK OLEH BNNK GIANYAR.

    bnnk gianyar

    (HUMAS BNNK GIANYAR) Setelah BNNK Gianyar menggelar sidak di daerah Gianyar pada senin pagi hari, maka sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengawasi peredaran narkotika di daerah Kabupaten Gianyar BNNK Gianyar melakukan sidak kembali pada dini harinya yaitu hari selasa 22 Juni 2015 pada pukul 02.00 dini hari. Operasi yang melibatkan staff BNNK Gianyar ini dilangsungkan pada dini hari sekitar pukul 02.00 pagi sampai dengan pukul 05.00 Wita. Sidak ini masih memiliki sasaran yang sama berupa kost – kost yang berada di sekitaran kabuaten Gianyar. Sasaran yang dituju berupa kost – kostan karena kawasan kost saat ini menjadi titik rawan dari peredaran serta penyalahgunaan narkotika. Kegiatan sidak kali ini mengambil waktu dini hari, karena pada waktu tersebut sebagian pengunjung tempat hiburan maupun para pekerja di tempat hiburan pulang dari tempat hiburan. Kegiatan operasi ini langsung dipimpin oleh Kepala BNNK Gianyar, Bapak Made Pastika.

    Operasi yang berlangsung hari selasa pagi dini hari ini telah mendatangi 3 lokasi kost berbeda didaerah sekitaran Gianyar, kurang lebih ada 30 kamar kost yang di periksa oleh BNNK Gianyar pada kegiatan tersebut. beberapa penghuni kost yang disinyalir sebagai penyalahguna diminta untuk melakukan tes urine, ada sekitar 12 orang yang diminta untuk melakukan tes urine pagi itu, hasilnya terdapat satu penghuni kost yang positif sebagai penyalahguna narkoba. Satu orang yang positif ini diduga menggunakan sabu – sabu dan inex, hasil ini didapat setelah dilakukan pengecekan melalui tes urine.

    Kegiatan ini dilakukan dini hari sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang banyak terjadi di tempat hiburan, serta sebagai kegiatan penjangkauan untuk para penyalahguna narkoba. Para penyalahguna nantinya akan dibawa ke panti rehabilitasi jika positif menggunakan narkoba.

  • Dialog Interaktif BNNK Gianyar dengan MMDP Gianyar di Kompas TV Dewata

    12122848_1663687893845703_1981829258982193525_n

    Senin, 19 oktober 2015 BNNK Gianyar melaksanakan dialog interaktif yang dilaksanakan di kompas tv Dewata adapun narasumber dari dialog interaktif ini adalah Kepala BNNK Gianyar I Made pastika,SH.MH dan ketua Majelis Madia Desa Pakraman Kabupaten Gianyar.tema yang diambil adalah Sinergitas BNNK Gianyar dengan desa pakraman

  • Pengerebekan BNNK Gianyar Terhadap Laporan Masyarakat

    _DSC0506

    Minggu (29/11/15) dini hari pukul 01.15 Wita Seksi Pemberantasan BNN Kabupaten Gianyar melakukan penggrebekan atas dasar Laporan Informasi (LI) yang diterima dan dikuatkan dengan hasil penyelidikan selama beberapa hari kepada sasaran lelaki berinisial SN dkk yang diduga kerap mengadakan “pesta” narkoba jenis Shabu di kamar kost Jln. Keboiwa Kecamatan Gianyar. Tim Sie Pemberantasan yang sebelumnya terus memantau lokasi sasaran melihat adanya aktivitas mencurigakan di lokasi dan tim langsung melakukan penggrebekan, ketika tim memasuki kamar terdapat 4 (empat) orang dewasa berjenis kelamin laki-laki dan 1(satu) orang anak laki-laki dibawah umur tengah berkumpul yang diduga habis mengkonsumsi narkotika jenis shabu diperkuat dengan hasil uji sampel urine dengan hasil 4 (empat) orang positif dan 1 (satu) orang negatif. Dari hasil test urine tim melakukan penggeledahan kamar disaksikan oleh satu orang saksi dari warga sekitar, dan ditemukan adanya bukti 3 (tiga) alat bantu narkotika jenis BONG, 3 (tiga) buah pipa kaca metadrop, 2 (dua) korek api gas, 2(dua) buah pipet kecil dan 4(empat) plastik klip bekas pembungkus narkoba jenis shabu. Ke empat orang tersebut diamankan ke kantor BNNK Gianyar untuk dilakukan pengembangan terkait jaringan peredaran gelap narkotika nya serta upaya Rehabilitasi ke empat orang pecandu & penyalahguna tersebut.

  • Pementasan Bondres Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di desa Srongga Kaja

    12378053_460979104089220_8247456638227455458_o

    Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP)Bali menggelar diseminasi informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) desa Pakraman melalui pementasan Bondres di desa Srongga Kaja Gianyar hari Senin tanggal 14 Desember 2015 Pukul 20.00 wita.
    Dalam sosialisasi ini disampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada 100 orang warga yang menonton acara ini.Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala BNNP Bali Brigjen P ol Drs I Putu Gede Suastawa,SH yang menyampaikan tentang harapan melalui pagelaran seni yang menyelipkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut masyarakat dapat menginformasikan hal ini ke lingkungan sekitar dan dapat menjauhkan narkoba dari kehidupan masyarakat.

  • Apel Mingguan BNNK Gianyar Melakukan Apel Mingguan Tentang Evaluasi Kerja

    IMG-20160316-WA0006

    Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar melakukan apel mingguan pada hari Rabu (16/03) pada pukul 08.00 wita bertempat di BNNK Gianyar. Apel Mingguan ini bertujuan untuk mengevaluasi pekerjaan dan untuk menyampaikan hasil dari Monev bersama. Beberapa hal yang disampaikan antara lain disiplin kerja pegawai,peningkatan kinerja,pemberantasan narkoba,pembahasan program kerja perspektif dan tentang penyatuan persepsi kedepan dalam bekerja..‪#‎stopnarkoba‬

  • Kegiatan Penyebaran Brosur Oleh BNNK Gianyar

    12440234_1709174889297003_6066517994413011764_o

    Selasa, 22 Maret 2016 Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Gianyar I Gede Dirgantara,SH.MM bersama Staf dan Siswa SMK N 1 Gianyar melaksanakan kegiatan penyebaran brosur yang dilaksanakan di simpang tiga stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat pengguna jalan.

  • Pelantikan CPNS Menjadi PNS Di Lingkungan BNNP Bali,BNNK Badung,BNN Kota Denpasar dan BNNK Gianyar

    P_20160323_081700

    Pelantikan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Lingkungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali,BNNK Badung,BNN Kota Denpasar dan BNNK Gianyar pada hari Rabu (23/03) Dimulai pukul 08.00 wita. Para pegawai negeri yang telah dilantik menandatangani berita acara pengangkatan yang dipimpin langsung oleh Kepala BNNP Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa SH.
    Dalam sambutannya KA BNNP Bali menyampaikan bahwa BNN merupakan instansi vertikal yang merupakan basis vokal poin di bidang P4GN. BNN Haruslah mampu beradaptasi dan mempelajari tugas yang makin kompleks dengan penuh tanggung jawab. Pesan KA untuk para PNS yang dilantik adalah mengenali bidang tugas dengan sebaik-baiknya,lakukan tugas dengan penuh dedikasi loyalitas serta harus tetap menjaga kekompakan dan solidaritas atas rekan kerja.‪#‎stopnarkoba‬

  • Ceramah Bahaya Narkoba Oleh BNNK Gianyar di Wantilan Pura Blahbatuh

    12472438_676760759133658_2716348373440587575_n

    Sabtu 2 april 2016 pukul 08.00 bertempat dilokasi wantilan pura Dalem Maya Blahbatuh Gianyar, BNNK Gianyar diundang sebagai penceramah narkoba kepada siswa SMA PGRI Blahbatuh bekerjasama dengan KKN Mahasiswa Universitas Udayana sebagai tindak lanjut dari kegiatan advokasi dan asistensi dalam rangka pembangunan wawasan anti narkoba di lingkungan Pendidikan. Acara diisi Ka. BNNK Gianyar AKBP I Made Pastika,SH.MH. dan tim penyuluh seksi Cerdas BNNK Gianyar. Acara berakhir pukul 09.15 wita. Acara berjalan dengan lancar.

  • Asistensi Demi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba Oleh BNNK Gianyar

    943841_677195405756860_5072780743347752228_n

    BNNK Gianyar melaksanakan kegiatan asistensi dalam rangka penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba pada lingkungan pendidikan dan masyarakat pada hari minggu 3 april 2016 pukul 09.00 wita di Padi Buffet and Ala Carte Saba Blahbatuh Gianyar. Dengan 2 orang narasumber yaitu Kepala BNNK Gianyar AKBP I Made Pastika,SH.MH. dan Kabid Pordik Disdikpora Kabupaten Gianyar Drs. I Ketut Adisandiana

  • Dialog Radio BNNK Gianyar di Acara Suluh Gianyar

    12928187_678150415661359_4831703024599634750_n

    Selasa 5 april 2016, tim kreatif Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar melaksanakan siaran di radio Gelora Gianyar pada acara suluh Gianyar pukul 12.00 wita. Acara dengan pembicara I Made Sugiartha, SH dan penyuluh Dewa Nyoman Sutarjaya,S.Ag. dengan mengulas tema peran pecalang dalam mewujudkan lingkungan bebas narkoba.

  • Ka BNNK Gianyar Memberikan Advokasi Kepada Siswa SMP 2 Keramas Blahbatuh

    12961306_677701259039608_3018587727241399158_o

    (04/04) Hari Senin pukul 07.30 wita bertempat di SMP 2 Keramas Blahbatuh Gianyar, Ka. BNNK Gianyar hadir memberikan wejangan kepada para siswa disekolah tersebut. Hal ini merupakan tindak lanjut kegiatan advokasi dalam rangka membangun jejaring pembangunan berwawasan anti narkoba dilingkungan pendidikan. Dalam penyampaiannya disampaikan pentingnya pencegahan narkoba dilingkungan sekolah dan KSPAN

  • Interaktif Radio Gelora Oleh Tim BNNK Gianyar

    13007248_681324018677332_1897216028006228646_n

    Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar melakukan Talk show di Radio Gelora milik Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar,kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa (12/04) dimulai pukul 13.00 wita. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Gianyar I Gede Dirgantara,SH.MM dan I Made Sugiartha, SH.

    Kegiatan ini merupakan bentuk dari Diseminasi informasi yang dilakukan oleh BNNK Gianyar sebagai bentuk kegiatan penyebaran informasi kepada masyarakat Kabupaten Gianyar,diharapkan Masyarakat dapat berinteraktif dan bertukar pikiran dengan kegiatan ini. Banyak Audiens yang sangat antusias dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan hal ini.

  • Warga Binaan di Rutan Gianyar Mendapatkan Sosialisasi Tolak Narkoba

    IMG-20160414-WA0009

    Penyuluhan narkoba dengan tema “Jangan Biarkan Pelaku Kejahatan Narkoba Menang Diatas Kita” Diadakan bertempat di Rumah Tahanan Kabupaten Gianyar pada Hari Rabu (13/04). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang warga binaan Rumah tahanan (rutan) Kabupaten Gianyar. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar AKBP I Made Pastika,SH.MH.

    Kegiatan penyuluhan saat ini rutin dilakukan oleh BNNK Gianyar dipusatkan di rutan sebab saat ini peredaran narkoba beberapa kasus ternyata berpusat dari warga binaan sendiri. Saat ini BNN telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam menyelesaikan persoalan peredaran narkoba dari lapas.

  • Rapat Koordinasi BNN Se-Bali Di Enjung Beji Tabanan

    13220707_516100501910413_6843157513791333417_o

    Rapat koordinasi rutin bulanan dilakukan oleh Jajaran badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali,BNN Kota Denpasar,BNN Kab Gianyar dan Badung bertempat di ruang rapat resort Enjung Beji Bedugul Tabanan dimulai pada pukul 08.30 wita pada hari Selasa (17/05).
    Dalam kesempatan ini dilakukan pemaparan hasil kegiatan dari berbagai bidang dan juga Ka BNNK sehingga dapat menjadi bahan diskusi apa yang kurang dan menambah sinergitas antar personil BNN Bali.

  • Penangkapan Oleh BNNK Gianyar Dengan BB Shabu Dan Inex

    13325439_519799821540481_6794740734862904612_n

    Selasa, tanggal 24 Mei 2016 sekira pukul 09.00 Wita telah dilakukan penangkapan terhadap seorang lelaki berinisial IWD di TKP Jl. Selat Ds. Singapadu Kec. Sukawati Kab. Gianyar dengan barang bukti narkotika jenis shabu seberat 0,76 gram netto dan narkotika jenis inex seberat 0,08 gram netto tanpa adanya izin terkait dari pihak berwenang, selain itu juga disita sejumlah barang bukti lainnya berupa 1 (satu) buah Bong, 1 (satu) buah pipet bening ukuran kecil, 2 (dua) buah korek gas yang telah dimodifikasi dan uang tunai sebesar Rp, 5000,- (lima ribu rupiah) yang disimpan dalam satu tempat kotak makan plastik ukuran kecil warna merah muda yang disimpan di meja hias kamarnya.
    Kepada petugas BNNK Gianyar IWD mengaku sejumlah narkotika tersebut akan digunakan “PARTY” pada saat pesta ulang tahun dirinya di salah satu Room Diskotik ternama di Kota Denpasar, IWD juga mengaku mendapatkan sejumlah barang haram tersebut dari seseorang di Kota Denpasar dengan cara sistem tempel setelah IWD mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu. Kemudian IWD dan BB diamankan ke kantor BNNK Gianyar Jl. Keboiwa Blahbatuh Kab. Gianyar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kepada tersangka akan di proses terkait perkaranya ke tahap Penyidikan dan disangkakan Pasal 112 ayat 1 dan / atau 127 UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009

  • Raker Peningkatan Peranan dan Partisipasi Lingkungan Masyarakat dalam Upaya P4GN Tahun 2016 Oleh BNNK Gianyar

    13221541_699634526846281_8270222311471085057_n

    Selasa 24 Mei 2016, bertempat di Padi Buffet and Alacarte, Saba,Blahabatuh Gianyar, dilaksanakan kegiatan Raker Peningkatan Peranan dan Partisipasi Lingkungan Masyarakat dalam Upaya P4GN Tahun 2016 dengan menghadirkan peserta sebanyak 30 orang dari unsur pimpinan perusahaan yang ada di Gianyar. Acara dibuka Ka. BNNK Gianyar I Made Pastika, SH.MH. dihimbau kepada segenap pihak swasta agar ikut berpartisipasi aktif di dalam mengkampanyekan anti narkoba dilingkungannya.

  • Pelantikan Pengurus Karate Do Gujokai kab. Gianyar

    13502554_528657570654706_4978952503708116050_o

    Hari ini minggu tgl 19 juni 2016 jam 09.00 wita bertmpt di Gor Kebo iwa gianyar tlh dilaksanakan pelantikan Pengurus Karate do Gujokai kab. Gianyar oleh Ketua Pengda Prov Bali Brigjen Pol Drs Putu Gd Suastawa. SH. Dlm kegiatan ini Bnnk gianyar memberikan Himbauan Mars Bnn,Mars Bnnk gianyar dan melalui spanduk. Kegiatan ini di hadiri oleh Kadisdik Pora Gianyar, ketua Dprd gianyar, Ketua Koni gianyar, dan pengurus Gujokai Prov Bali serta anak anak Karate do berjumlah 100 org.‪#‎stopnarkoba‬

  • PERAYAAN HANI 2016 OLEH BNNK GIANYAR

    13528597_531516390368824_5326326912160507727_o

    Minggu tgl 26 juni 2016 jam 08.00 wita bertempat dilapangan Polres Gianyar dilaksanakan Apel dlm memperingati Hari anti narkoba internasional (HANI ) 2016 dengan tema Mendengarkan suara hati anak anak dan generasi muda mewujudkan langkah untuk membantu mereka tumbuh sehat dan aman dr penyalahgunaan Narkoba. Sbg inspektur upcara Bupati Gianyar ( AA GD AGUNG BERATA SH ) Komandam upacara AKP IGN DARMANATA.SH. perwira. Dihadiri Kapolres gianyar, Dan Dim 1616 gianyar, Kejari Gianyar , Dan yon zipur IX gianyar.Waka polres gianyar serta kbg Kasat, Camat Kapolsek dan Danramil sekecamatan gianyar,Pr Kabag Kasat polres gianyar dan para Kepala dinas Pemda gianyar.Dep agama. Peserta upacara terdiri dari peleton Kodim gianyar, Yon zipur, dalmas polres, Babinkamtibms, res narkoba, sat pol pp, Badan penanggulangan bencana, staf bnnk gianyar, pelajar smk sanjiwani kesehatan gianyar, jegeg bagus Gianyar dan para pecalang.
    ‪#‎HANI2016‬

  • Apel dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional ( H A N I ) 2016 Oleh BNNK Gianyar

    13528382_10206407404725652_3944865515669370758_o

    Pada hari ini Minggu tanggal 26 Juni 2016 pukul 08.00 Wita, bertempat di Lapangan Polres Gianyar dilaksanakan Apel dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional ( H A N I ) 2016 dengan tema ”Mendengarkan suara hati anak-anak dan generasi muda mewujudkan langkah untuk membantu mereka tumbuh sehat dan aman dari penyalahgunaan narkotika”.
    Sebagai Inspektur Upacara Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata, S.H dan sebagai komandan upacara AKP I.G.N Dharmanata, SH, Apel dihadiri Dandim 1616 Gianyar, Kapolres Gianyar, Ketua DPRD Gianyar, Wandanion Zipur Gianyar, Kejari Gianyar, Wakapolres Gianyar serta para Kabag dan Kasat Polres Gianyar, Kepala Dinas Pemda Gianyar dan Kementerian Agama Kab. Gianyar. Peserta Apel dari pasukan TNI dan POLRI, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Gianyar, Staf Dinas Perhubungan Kab. Gianyar, Staf BNNK Gianyar, Siswa-siswi SMK Kesehatan Sanjiwani dan perwakilan Jegeg Bagus Gianyar serta Pecalang.
    Dalam amanat Kepala BNN RI (Drs. Budi Waseso, S.H) yang dibacakan oleh Bpk. Bupati bahwa peringatan HANI setiap tanggal 26 Juni bukan merupakan hari jadi BNN namun peringatan ini sebagai bentuk keprihatinan kita terhadap permasalahan narkoba di dunia yang belum dapat diselesaikan dan hanya dapat ditahan sehingga sangat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari tema tersebut diatas kita harus menjaga anak-anak dan generasi muda agar tidak terjerumus kepada penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, melalui peringatan HANI ini diharapkan dapat mengerakkan dan mendorong segenap komponen bangsa sekaligus membangun solidaritas dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)
    Dalam keterbatasan mulai dari perangkat Institusi dan SDM yang dimiliki oleh BNN termasuk sarana dan prasarana, BNN tetap melakukan upaya yang maksimal dalam P4GN. Dalam kurun 2015 sampai dengan bulan Juni 2016 tercatat sebanyak 705 orang warga telah mendapatkan peningkatan kemampuan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan Life Skill . di bidang Pemberantasan BNN telah mengungkap sebanyak 1015 Kasus Kejahatan Narkotika yang ditangani oleh Pusat dan Daerah dengan tersangka sejumlah 1681 orang dan diungkap Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berasal dari Kejahatan Narkotika dengan nilai Aset sebanyak Rp, 142.058.158.337,- dan telah mengungkap 72 jaringan sindikat sindikat narkotika baik nasional maupun internasional. Dari kurun waktu tersebut diatas juga BNN telah melakukan rehab sebanyak 42.429 pecandu dan penyalahguna narkotika di seluruh Indonesia.
    Dan mengakhiri sambutan Kepala BNN RI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi nya kepada seluruh komponen bangsa Indonesia baik dari tingkat pusat maupun daerah, Organisasi Kemasyarakatan, Kalangan dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat, penghargaan juga disampaikan kepada seluruh jajaran penegak hukum, jajaran Polri dari tingkat pusat sampai kewilayahan, Dirjen Bea dan Cukai, Jaksa Agung dan penegak hukum lainnya dan ucapan terima kasih disampaikan kepada pemerintah daerah, Gubernur, Bupati dan Walikota beserta jajarannya yang telah berkomitmen melaksanakan P4GN. Selain itu juga Apel diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada Yayasan Yogadiparamaguhya serta Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi atas jasanya menyebarluaskan informasi terkait P4GN di Kab. Gianyar.

  • LELANG JABATAN TERBUKA UNTUK BNN PROVINSI BALI KHUSUS PNS

    BNN PROVINSI BALI MENGADAKAN LELANG TERBUKA UNTUK JABATAN KHUSUS ASN (PNS) PROVINSI BALI,KABUPATEN/KOTA YANG MEMENUHI KUALIFIKASI
    UNTUK POSISI :
    1. KASUBBAG PERENCANAAN BAGIAN UMUM
    2. KASUBBAG ADMINISTRASI BAGIAN UMUM
    3. KASUBBAG SARANA DAN PRASARANA BAGIAN UMUM
    4. KASI PENGUATAN LEMBAGA REHABILITASI BIDANG REHABILITASI
    5. KASI PENCEGAHAN BIDANG CERDAS
    6. KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG CERDAS.
    SILAHKAN MEMBACA SYARAT UNTUK MENGIKUTI TES DI 3 HALAMAN INI

    ASN 1

    ASN 2

    ASN 3

  • Rapat koordinasi BNN Provinsi Bali,BNN Kota Denpasar,BNNK Badung, dan BNNK Gianyar

    13653279_537110309809432_8236396130247221641_o

    (13/07) Rapat koordinasi BNN Provinsi Bali,BNN Kota Denpasar,BNNK Badung, dan BNNK Gianyar Melakukan rapat koordinasi Bulanan bertempat di Puspem Badung dimulai pukul 09.00 wita.
    Rapat ini dipimpin oleh Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa,SH dan dihadiri oleh Ka BNN Kota Denpasar,BNNK Badung, BNNK Gianyar serta seluruh Kabid,Kasi dan dalam penyampaian rapat ini dibahas berkaitan dengan koordinasi antar bidang dan juga kegiatan yang telah dilakukan. ‪#‎stopnarkoba‬

  • Pengumuman Perpanjangan Pendaftaran Rekrutmen dan Seleksi Pejabat Struktural Tahun 2016

    Pengumuman Perpanjangan Pendaftaran Rekrutmen dan Seleksi Pejabat Struktural Tahun 2016 Di Lingkungan BNN Provinsi Bali. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 22 Juli 2016 pkl. 17.00 Wita.Untuk Informasi setelah pendaftaran akan diumumkan oleh Bagian Kepegawaian BNNP Bali Silakan di share ke kerabat, terima kasih. ‪#‎Stopnarkoba

    Surat permohonan ASN untuk buleleng 2-page-001

    Surat permohonan ASN untuk buleleng-page-001

  • Pengumuman Penerimaan Pegawai Kontrak Pengawas Anjing K9 BNN

    file-page1

    file-page2

    file-page3

    file-page4

  • KA BNN RI MENGISI DISKUSI UMUM DENGAN ELEMEN MASY DI BALI

    15250838_163172580819009_5827016075202155003_o

    Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Pol Drs Budi Waseso menjadi Narasumber utama dalam diskusi umum yang diadakan Badan Narkotika Nasional Provinsj (BNNP) Bali pada jumat (25/11),pukul 16.00 wita. Hadir dalam acara ini adalah Kapolda Bali,Kepala BIN, Perwakilan FORKOMPIMDA Provinsi Bali,Para Rektor, Direktur rumah sakit, serta para ketua yayasan dan LSM yang berjumlah 51 orang.
    Beberapa poin dalam diskusi ini adalah

    * Rata2 BNN mampu mengungkap kejahatan narkotika sd 100kg per bulan..
    *Indonesia salah satu pasar narkoba terbesar se asia tenggara dengan 72 jaringan yg tersebar
    *Rehabilitasi adalah salah satu bentuk kegagalan dr pencegahan dan pemberantasan
    *Upaya2 meningkatkan peranan masyarakat dan stakeholder utk membantu mengatasi masalah narkoba
    *Setiap hari ada 40 sd 50 org meninggal krn narkoba yg merupakan ancaman nyata bagi generasi bangsa
    *Modus pengedar : Regenerasi pangsa pasar sampai tingkat anak2 tk sd narkoba utk tetap eksis
    *Lapas adalah salah satu tempat peredaran narkoba terbesar
    Di dunia ada 644 narkotika jenis baru, 46 sudah tersebar di indonesia
    *Penyandang besar narkoba yg masuk ke bali dari singapura dan malaysia
    *Presiden berkomitmen memberantas narkoba secara masif dgn meyiapkan perlengkapan senjata utk bnn
    #stopnarkoba #toleransi #ke2janyata

  • Monev BNNP Bali dengan Narasumber Danrem 163/Wirasatya

    15271803_167345610401706_5957576801535695692_o

    Monitoring Evaluasi Bulanan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali, BNN Kabupaten dan Kota, diadakan di Royal Tulip Resort Ubud pada Jumat (02/12) dimulai pada pukul 09.00 wita dengan narasumber Danrem 163/wirasatya Kolonel Inf. I Nyoman Cantiasa,SE. Pada kesempatan ini dibahas garis besar peran TNI dalam menyukseskan program besar P4GN. Acara ini dihadiri pejabat di lingkungan BNNP Bali,BNN Kota Denpasar,BNN Kab Badung dan BNN Kab Gianyar. #stopnarkoba #ke2janyata #toleransi

  • Peningkatan Aksesibilitas Layanan Rehab dan Wajib Lapor

    20170529_103113

    Rapat koordinasi diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar dengan Instansi Terkait dengan Tema Peningkatan Aksesibilitas Layanan Rehab dan Wajib Lapor bertempat di Padi Buffet dan Ala Carte pada hari Senin (29/05) pukul 09.00 wita dengan Narasumber Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol I Putu Gede Suastawa, didampingi oleh Kepala BNNK Gianyar AKBP I Made Pastika, Kabid Rehabilitasi BNNP Bali AKBP I Nyoman Artana serta Kasi Pasca Rehabilitasi Kompol Ni Nyoman Sukerni, undangan yang hadir sejumlah 25 orang,terdiri dari Kapolres Gianyar, Kapolsek Ubud, Kodam, perwakilan puskesmas, Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar serta perwakilan desa pakraman sekitar.

    “Rumah sakit yang membidangi rehabilitasi haruslah fokus dengan koordinasi dengan aparat negara seperti BNN,Kepolisisan,Kodim,Babinsa ,Babinkantibmas untuk mencari anggota masyarakat yang menjadi pecandu untuk dilakukan test urine,apabila positif ditindaklanjuti dengan rehabilitasi” ungkap Ka BNNP Bali.

    Aturan legislasi dan kebijakan yang ada saat ini mengarah pada upaya untuk mendekriminalisasi pecandu narkoba, dimana pecandu diharapkan tidak lagi menjalani pemenjaraan, melainkan terapi dan rehabilitasi, baik medis, psikologis maupun sosial. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Undang-Undang ini memandang bahwa penyalahguna narkoba adalah korban. Komitmen negara juga diperkuat dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 Tentang Wajib Lapor, sebagai upaya pemerintah dalam mengakomodir hak penyalahguna untuk mendapatkan layanan terapi dan rehabilitasi. Selain itu Mahkamah Agung juga mengeluarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Penempatan Korban Penyalahgunaan Narkotika di Dalam Lembaga Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial yang semakin memberi ruang kepada penyalahguna.

    Arah kebijakan BNN dalam program rehabilitasi adalah melakukan pengembangan sebagai pusat pengkajian, layanan dan pusat pelatihan (Center of Excellent), meningkatkan kemampuan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah dan komponen masyarakat, serta mengembangkan program pascarehabilitasi untuk menurunkan angka kekambuhan secara terukur.

    “Langkah strategis untuk pengembangan akses layanan rehabilitasi pecandu narkoba yang terintegrasi dan berkelanjutan, serta mengoptimalkan peran instansi/lembaga terkait baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan rehabilitasi”, pungkas Ka BNNP Bali.

    Dalam kesempatan ini Ka BNNP Bali juga memaparkan tentang beredar luas narkotika jenis baru yaitu Flakka, info yang dikeluarkan oleh BNN tentang flakka yaitu, Bahwa Flakka telah berjangkit di US dan Eropa beberapa tahun yang lalu. Untuk mengantisipasi bahaya yg akan ditimbulkan, BNN dan Kemenkes RI telah mengkaji narkotika sintetis jenis baru tersebut sejak tahun 2016.
    Saat ini Flakka telah diatur dengan Permenkes no 2 tahun 2017 dengan nama kimia alfa PVP.

    Adapun dalam perkembangannya, kandungan zat aktif yang mengancam dan harus diwaspadai adalah fentanyl derifat, yg memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dari pada morfin atau 100 kali lebih kuat dari pada heroin. Zat ini telah dikaji pada Tgl 15-16 Mei 2017 dan telah diajukan ke Kemenkes RI untuk dimasukkan sebagai Golongan I dalam Lampiran UU Narkotika (UU 35/2009).

    Tujuan rapat koordinasi ini adalah pertama, menyamakan persepsi dan langkah untuk berbuat. Kedua, program penanggulangan bahaya narkotika di Gianyar sangat tergantung dari kiprah instansi terkait untuk menjadi ujung tombak penanggulangannya. Terakhir, instansi harus bergerak bersama menuju Gianyar yang bersih dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

  • Peran Seorang Ibu Dalam Pencegahan Narkotika di Lingkungan Keluarga

    22007325_726244737560293_8339841938575616955_n

    Pencegahan penyalahgunaan narkoba haruslah dimulai sejak dini, terutama dilingkungan terdekat yaitu keluarga. Peran seorang ibu sangatlah menentukan dalam menjaga keluarganya dari penyalahgunaan narkoba, sebab pada beberapa kasus anak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba diakibatkan kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua sehingga mereka bergaul dengan teman-teman yang salah dan melampiaskan pada narkoba.

    Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa SH didampingi Ka BNN Kabupaten GIanyar AKBP I Made Pastika menjadi narasumber dalam kegiatan Komunikasi informasi dan edukasi (KIE) P4GN Melalui Media Konvensional Kepada Keluarga tahun 2017 bertempat di Hotel Gianyar,Gianyar pada hari Selasa (19/09) pukul 09.00 wita dengan menghadirkan 60 orang ibu-ibu PKK Kabupaten Gianyar dengan dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ida Ayu Ketut Surya Adnyani, SE., MAP.

    “Ibu adalah orang yang mempunyai peran yang cukup besar didalam keluarga. Apalagi anak-anak yang sangat dekat dengan ibu dibanding ayah. Peran itu sangat menentukan kehidupan keluarga,” ungkap Ka BNNP Bali.

    Untuk membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba upaya pencegahan dini dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai positif kepada keluarga baik berupa kemampuan mengatasi masalah, kemampuan bersosialisasi, budaya hidup sehat, harga diri dan percaya diri, dan kepribadian berkarakter serta menyampaikan informasi tentang narkoba kepada anak, suami dan keluarga.

    “Peran keluarga dalam P4GN yaitu menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, memahami kondisi psikologis anak, menjalin komunikasi antara orang tua dan anak, membekali anak dengan iman dan takwa, memberikan pengetahuan bahaya narkoba, mengajarkan tanggung jawab kepada anak, serta adanya pengawasan secara aktif” tutup Ka BNNP Bali.

  • Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba Di Gianyar

    21768057_726246597560107_1386124442587612007_n (1)

    Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali, Brigjen.Pol. Drs. I Putu Gede Suastawa,SH dan Ibu Wakil Bupati Kabupaten Gianyar selaku Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMD Kabupaten Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani,SE.MAP, menjadi narasumber dalam kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Gianyar bertempat di Padi Buffet and Ala’carte Saba Blahbatuh Gianyar,Jumat (22/09) pukul 09.00 wita. Peserta berjumlah 30 orang yang berasal dari lingkungan Perangkat Desa dan Pembina KSPAN ( kelompok siswa peduli Aids dan narkoba).

    Ka BNNP Bali mengajak semua peserta agar melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan dan pemberantasan bahaya narkoba di lingkungan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan berbagai permasalahan narkoba yang sedang hangat yaitu peredaran pil PCC. “Peranan Desa sangatlah penting dalam melakukan berbagai langkah nyata dalam P4GN. Bagaimana kedepannya diharapkan supaya bisa terbentuk relawan relawan anti narkoba di Desa-desa” ungkap Ka BNNP Bali.

    Ibu wakil Bupati Gianyar mengharapkan di desa-desa bisa digerakkan potensi yang ada di dalam pelaksanaan P4GN misalnya dengan memanfaatkan PKK yang ada dilingkungan masing-masing banjar. Potensi ini tentunya sangatlah efektif di dalam upaya penanggulangan narkoba khususnya di Kabupaten Gianyar.

    Sebagai koordinator acara, Kepala BNNK Gianyar AKBP I Made Pastika,SH.MH. menekankan peserta untuk waspada terhadap penyalahgunaan narkoba dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Diharapkan kepada seluruh peserta berperan aktif begitupun juga seluruh komponen masyarakat juga diharapkan partisipasi aktifnya dalam P4GN.